PDA

View Full Version : (Pemalang-Jawa Tengah) TRIP MANCING BARRAMUNDI DI SUNGAI COMAL KAB PEMALANG Jateng



rudikakapputih
18th September 2011, 16:09
TRIP MANCING BARRAMUNDI DI SUNGAI COMAL

Hari / Tanggal : SABTU , Tgl 17 Sep 2011.
Nama Tempat nya : Rumpon alami dan buatan ,Sungai Comal Kab Pemalang - jateng
Lokasi Pemancingan : Sungai Comal, Kota Kab Pemalang, Desa kandang Jawa Tengah .

Nama Pemancing/peserta :
1.RUDI KUSTIADI
2.HURI ( merangkap nahkoda perahu ).

1. Teknik Mancing yang digunakan : Ngoncer
2. Umpan/Lure yang digunakan :
a). Umpan alami berupa Udang Putih Hidup dan Udang air tawar Hidup

3. Hasil ikan yang diperoleh :
a). Kakapputih 2,1 kg = 1 ekor dan Mangrove jack 0,4 kg

4. Kondisi Air & Ikan di Danau/Sungai/waduk dan Lainnya :
a). Kondisi air manis ( payau ) , arus sedang dari selatan ke utara,
b). Kondisi sungai baru semalam sebelumnya di guyur hujan lebat ( air manis ), akibat selama ini hampir 4 bulan tdk ada turun hujan.

Cerita perjalanan memancingnya :

Semula sy ingin trip mancing ke daerah kebumen di sungai suwuk arah karang bolong. Untuk explore barramundi disana ( sesuai info yg sy terima dri angler pemalang . Tetapi dikarenakan mendekati hari H info masih tdk akurat dari angler di suwuk / kebumen, maka trip saya tunda. Dan akhirnya saya ganti dengan TRIP BARRAMUNDI KE SUNGAI COMAL .
Tgl 17 september hari sabtu pagi, jam 06.00 wib saya berangkat menuju comal . Sambil selama perjalanan membeli perlengkapan akomodasi ( nasi dan makanan ringan ). Jam 08.30 tiba di desa kandang ( tempat perahu parkir ), nahkoda perahu bp. Huri sdh siap dilokasi. Setelah perlengkapan di tata ke perahu kami menuju spot pertama kearah utara sungai comal jarak 8 km . tepatnya di rumpon alami akar pohon mangga,akar pohon alang2 , dan pohon kelapa tumbang di kali proyek ( pecahan sungai comal ) .
Dilokasi pertama ini : Strike terjadi 8 kali . terangkat hanya satu ikan mangrove jack berat 0,4 kg, dan barramundi 1 ekor berat 2,1 kg. Yang lain gagal , disebabkan kenur putus kena tritip saat terjadi tarik ulur dengan ikan . Perlu diketahui bahwa spot pertama ini tingkat kesulitan sangat besar untuk ikan berhasil terangkat. Tetapi di spot ini memiliki tingkat strike yang cukup banyak dan menantang.
Banyak pemancing yang mancing dari pinggir / darat di area spot ini, tetapi Jarang sekali di spot ini pemancing dari darat yang bisa berhasil mendaratkan ikan dikarenakan medan rumpon yang padat dengan di tumbuhi tritip tajam di dahan dan ranting2 nya.
Kalau dari perahu saya bisa mencing dengan tehnik gantung/nglicir maupun dengan pelampung, krn perahu bisa di tempelkan di sekitar rumpon , tetapi masih juga mengalami kendala saat strike faktor 50:50 ikan bisa terangkat , khususnya ikan2 diatas 2 kg.
Selanjutnya jam 13.00 saya menuju spot kedua : Berupa rumpon akar2 dan ranting pohon alami arah utara 3 km sebelum muara sungai . Dispot ini terjadi strike satu kali tetapi gagal dikarenakan sy tertidur , ikan akhirnya menyangkut di akar dan ikan lepas.
Jam 15.00 menuju spot ke tiga di utara rumpon phon2 rubuh 1 km sebelum muara.
Dispot ini terjadi dua kali strike tetapi gagal kenur putus. Dan di spot ini hari tersebut banyak sekali hama pengganggu makan udang umpan saya ( ikan kiper,ikan buntek , dan kepiting ) , akhirnya saya putuskan jam 17.00 ke spot selanjutnya.
Spot ke 4 berupa pohon tumbang 2 km sebelum muara . di spot ini tdk terjadi strike . Jam 18.00 menuju spot ke lima ke selatan 8 km dari muara di desa kandang rumpon saya pribadi ( saya memang akan mancing malam disini untuk target strike ikan besar ) . Jam 19.00 sy sdh tiba di spot ini . Keadaan air manis, payau arus dari selatan menuju utara. Banyak belanak di permukaan . Bulan masih gelap akan terbit jam 22.00 . Biasanya ikan besar akan lapar saat 2 jam sebelum bulan terbit. Apalagi tanggal 17 sep adalah empat hari setelah bulan purnama pasang besar dan bulan besar ( bulan besar / terang tgl 13 16 sept ) , dimana saat ini adalah hari pertama biasanya ikan2 besar yang telah birahi / ***** dan betina membuang telur di buahi jantan , maka ikan2 betina yang besar atau jantan besar tersebut akan lapar mencari makanan .
Jam 20.00 wib terjadi tenggakan dengan suara yang besar ( tenggakan barramundi saat memangsa ikan belanak di permuakaan ) yg bunyi suaranya sangat besar seperti letusan pistol FN kaliber 45 dan jelas berada lebih kurang 20 meter didepan perahu saya mancing . Semangat sy mulai bangkit bahwa benar ikan besar mulai lapar. Saya cek semua umpan dan mengganti dengan udang hidup yang besar ukuran 10 cm 15 cm . sy lempar di sekitar depan rumpon dan satu joran lagi sy mancing gunakan pelampung .
Jam 21.10 joran pertama bergetar kuat kenur lepas dari karet penjepit , kenur terulur cepat . sy angkat joran dan kontrol kenur untuk mengetahui posisi arah kenur kearah mana dikarenakan keadaan gelap gulita dan sambil merasakan gerakan ikan. Ternyata ikan berhenti dan sebentar kemudian cepat kenur terulur lagi. Saat itulah saya strike dg sentakkan joran, joran melengkung tajam , reel bunyi ,sempat tarik ulur dengan ikan 30 detik dan saya meminta pak huri untuk meyalakan lampu senter diarahkan ke ujung joran dan arah kenur di air untuk mengetahui arah kenur dan ikan yang tepat. Ternyata kenur arahnya menyangkut di batang rumpon di kedalaman. Saya masih kontol drag rell setelan awal apakah bergerak dan kenur akan terulur ? tiba-tiba drag bergerak cepat sekali dan bunyi kenur terulur dari reel cepat sekali , sy sempat bicara ma pak huri bahwa ini ikan besar yang makan , karena dari bisa di lihat dari drag yg sy setel akan bergerak saat terjadi tekanan diatas 5 kg dan ikan barra besar meloncat di posisi arah 30 meter di depan kami jauh dari rumpon dan bunyi ....TASS ....KENUR PUTUS ......Lemas sudah saya . saat itulah saya baru mengetahui bahwa ikan cukup besar sekali terlihat saat meloncat dan lampu senter diarahkan ke posisi ikan meloncat . Tetapi apa mau di kata semua sudah berakhir , ikan membawa lari kenur yang pancang dengan kail menancap di dalam mulutnya. Target yang sudah lama untuk mendapatkan barramundi monster tahun ini masih tertunda. Dari lompatan ikan yg terlihat diperkiraan ikan bobot diatas 10 kg.
Tepat jam 22.00 wib sy akhiri trip hari ini ...angin mulai kencang, udara dingin menusuk .
Ada pelajaran yang positip didapat dari trip mancing barramundi besar yang gagal ini.

Saran & Rekomondasi nya atas hasil trip mancing :
Dari Trip tsb bisa diambil pelajaran yang positip dan bermanfaat. Dirumah saya menganalisa lagi kejadian demi kejadian saat strike barramundi besar tersebut . Dimana saya menyimpulkan sbb :
1. Awal kesalahan saat terjadi joran melengkung dan saya sudah mengetahui arah kenur masuk tersangkut didalam rumpon seharusnya saya cepat meminta pak huri ( nahkoda perahu ) untuk segera menyelam didalam air untuk melepas kenur yang tersangkut. Tetapi sy terlambat beberapa detik untuk mengintruksikan hal tsb. Sehingga terjadi kenur cepat terulur lagi ditarik ikan ,tetapi posis kenur tetap terangkut di rumpon. Dan ikan melompat ...KENUR PUTUS. Kejadian sejak kenur terulur dari reel / drag bergerak - sampai ikan melompat ... hanya 20 detik jadi..begitu cepat dan keadaan malam hari ..sangat menyulitkan ambil keputusan untuk nahkoda kakap menyelam melepas kenur yang tersangkut.....
2. Kedua : Tidak terpikirkan saat sdh strike dan tarik ulur pertama terjadi sehrsnya drag cepat di nol kan tekanannya agar saat ikan besar membawa lari keduakalinya kenur tdk ada tekanan sama sekali walaupun tersangkut di dahan rumpon kenur tdk ada tekana gesekan , minimal bisa lebih memperkecil kenur putus sambil berikutnya bisa melakukan pelepasan kenur yang tersangkut di rumpon ....
3. Waktu terbaik mancing barramundi adalah saat 2 jam sebelum bulan terbit atau tenggelam dan Tanggal mulai bulan mulai mau gelap sampai gelap ( antara tgl 17 sampai tgl 5 kalender national . Target ikan besar lebih berpeluang saat malam hari.

Info Tempat/Lokasi Danau,Sungai,Waduk :
Nama Pemilik yg bisa di hub No HP/Telp : Bapak HURI 087733529106
Denah Lokasi nya : Sungai comal , Desa kandang , kecamatan Comal Kab Pemalang. Jateng


SALAM STRIKE SELALU ...GO STRIKE , KEEP GREEN..( RUDI.K )

SNL
18th September 2011, 16:25
Seru banget trip kali ini pak rudi. Berkali2 strike tetapi sayang putus kenur shg bikin penasaran.
Soal kondisi air dibilang manis, kenape ye? kaga mungkin bener2 manis kan? Apakah manis "payau' adalah kondisi yang pas buat mancing di sono?
Congrate pak rudi...thx untuk share n rekomendasinya..tentu akan bermanfaat buat rekan2 semua

rudikakapputih
18th September 2011, 21:21
SNL : ma kasih attentiontnya...sebutan air manis adalah sebutan para pemancing kakap di sana bahwa saat air pahit dikarenakan musim kemarau panjang atau sdh lama tdk turun hujan min sebulan tdk ada curah hujan . dan setelah itu ada hujan turun , maka dikatakan air manis karena ada pasokan air tawar dari selatan sehingga air menjadi hangat dan ikan galak makannya. Kalau hal tsb terjadi setelah bulan besar / terang / purnama khususnya di bulan Sep smpai desember maka kemungkinan bisa terjadi strike kakapputih besar / monster yang sehabis birahi / ***** akan lapar mencari makanan. Jadi bukan airnya rasa manis gan ...he..he...kalau air pahit dan payau tdk jadi faktor utama baik atau tidaknya mancing kakapputih. Tetapi untuk menjumpai kakapmonster / besar lebih banyak di air yang payau ...krn kakap besar 80 % adalah kakapputih betina yang pertumbuhannya lebih cepat besar dari pada jantan dan kakap besar tsb suka kearah selatan mendekati air tawar berdiam di air payau salinitas garam yg sedikit untuk bertelur dan ***** ....semoga membantu infonya dan mohon saran serta petunjuk para suhu2 mancing kakapputih lainnya di forum ini . SALAM STRIKE SELALU ... GO STRIKE , KEEP GREEN....!

SNL
18th September 2011, 23:08
Makasih pak rudi...komplet infonya..
Ditunggu pak report2 berikutnya. Tolong PM no hp nya dong, yang dulu ilang soale hp rusak.

wi2ar
19th September 2011, 00:21
baca report pa rudy cuma bisa tahan napas n satu kata yg bisa terucap...5600

pelangi
19th September 2011, 00:39
Ceritanya seru banget pa rudi.......suatu saat pasti ikan bara monster takluk ditangan masternya.

bluearrow
19th September 2011, 09:10
Seru banget dengar ceritanya pak rudi, selamat pak biarpun yg ikut pulang hy 2 ekor. kakap putih rumpon nya pakai apa pak?

Mr Joe
19th September 2011, 09:17
Wah report yag komplit pake telor, thanks yah om rudi atas report dan sharing pengalamannya...report yg bagus.... thanks meluncur...

frans stefanus
19th September 2011, 23:29
Mantap om Rudy...congrats atas jerih payahnya. tdk percuma berangkat mancing dr pagi sampai malam.
Kapan-kapan ajakin sy om...kita buru monster yg lepas itu.

\m/

C4del
20th September 2011, 12:16
Sayang monster barranya ngga kena ya pak.
Spotnya keliatannya Ok, barranya bisa dicasting ngga pak Rudi.? Mantaf juga tuh bikin trip casting rame2 kesana, hehe....

Gratia
22nd September 2011, 13:15
wew.. mantab,.... nyerosot kesana....

zalzalzal01
22nd September 2011, 19:14
waduh terlewat kan......padahal saya menunggu moment seperti itu....di ulangi lagi aja pak ke comal nanti sabtu tgl 24-09// jadi ke karang jeruknya bisa di cancel dulu pak....hehhehe.....mohon di pertimbangkan lagi pak....hehehe....

matur swun ceritanya.....fantastis.

Salam Strike.

Uyong
22nd September 2011, 23:42
Saluut buat Om Rudi....Barra Fighter...
terimakasih Om Rudi info tentang barranya,
pelajaran yang sangat berguna buat saya pemancing Barra juga...
Boleh kapan2 saya di ajak Berburu Barra bareng Om...

thanks....
Salam Strike...
Go Strike Keep Green

rudikakapputih
23rd September 2011, 00:40
Ma kasih atas attentionnya ....untuk mancing barra dg tehnik casting di comal pasti bisa ..hanya memang saya blm pernah strike maklum tingkat casting nya saya lakukan tdk focus dan kontinyu...he..he...next sy akan coba lebih intensif dg tehnik casting ....

ozyguy
23rd September 2011, 15:06
Wow ... mantebz sekali pak trip nya. Baca ulasan critanya jg seru nih :-bd
Sayang jg kakap gede nya gak naek tuu ...

henry
17th January 2012, 17:24
pusing pusing liat posting gini
8561

depoppers
17th January 2012, 23:15
keren om. lanjutkan

fendi
20th January 2012, 22:21
wahhhhhhhhhhhh...akhirnya kebaca jg report pak rudy...mantaf bgt pak..ni fendi medan..masi ingat pak??