PDA

View Full Version : Strike Talang-talang di Kapal Karam via Cikubang



dwitantra
8th October 2011, 20:14
Nama kapal: Aura Kasih
Nama kapten: Herman
ABK: 1 orang
Dermaga: Cikubang
Spot: Kapal Karam, Karang Saepudin
arus: pagi-siang 4J, sore 8J
ombak: pagi tenang, siang sorong, sore kenceng
cuaca: cerah
angler: Ari (dwitantra), Hernady (Cia), Asnawi (Aat) & Eko
hasil: Talang-talang 12 , Jenaha 1, selar banyak, Tompel 3
mocel: banyak

Minal Aidzin wal Faidzin, Mohon Maaf lahir dan bathin saya ucapkan untuk Pehobby mancing diseluruh Indonesia. Setelah libur mancing laut satu bulan penuh di bulan Ramadhan karena alasan takut banyak godaan untuk membatalkan puasa, sebelum cuti tambahan lebaran saya habis, saya mencoba peruntungan kembali rabu 7 september 20011 lalu. Seperti biasa, saya berangkat dari Cikubang, Bojonegara. Trip kali ini saya ditemani Eko, Pak Cia dan Pak Asnawi. Eko adlah tamu kami dari Kalimantan yang kebetulan masih dalam rangka “mudik” ke Cilegon. Sedangkan Pak Asnawi dan Pak Cia adalah Pensiunan karyawan PT. Krakatau Steel dan Krakatau Engineering yang sudah tidak terikat hari kerja lagi.
Aura Kasih adalah nama perahu yang kami pilih untuk disewa dari pelabuhan di Desa Cikubang. Perahu ini dikapteni oleh Herman dan Adi sebagai ABKnya. Kami berangkat dan bersiap-siap melaut dari cikubang mulai pukul 06:30 pagi. Sebelum sampai di cikubang, kami mampir ke Tempat Pelelangan Ikan yang kami lewati untuk membeli umpan udang hidup untuk cadangan. Di Bojonegara, untuk mendapatkan ikan tertentu seperti Kuwe Rambe atau kucir, jenaha, krapu, dan beberapa ikan lain biasa menggunakan umpan udang hidup.
Pada kesempatan trip kali ini, Kapten memberitakan bahwa beberapa hari sebelumnya Talang-talang mendominasi tangkapan pemancing. Kapten telah mempersiapkan rencana trip kali ini dengan target Ikan Talang-talang. Rebon telah disiapkan untuk mencari umpan utama Talang-talang yaitu Selar dan Tembang. Sebenarnya ikan umpan lebih mudah didapatkan pada waktu subuh. Jika matahari sudah mulai bersinar terik, ikan selar lebih sulit didapatkan. Namun karena pelabuhan mengalami pendangkalan dan air pagi hari saat itu dalam kondisi surut kami baru bisa berangkat agak siang. Kondisi surutnya pelabuhan membuat kami harus berangkat lebih siang. Alhasil untuk mendapatkan ikan umpan selar kami harus chumming rebon untuk menarik perhatian ikan selar dan tembang. Itupun dengan hasil yang bisa dibilang cukup saja, belum masuk kategori memuaskan.
Pelabuhan di desa Cikubang sebenarnya memiliki potensi wisata hobby yang cukup baik di daerah Bojonegara, Kabupaten Serang. Namun mungkin karena lokasi ini yang berhimpitan dengan lokasi Industri serta kurangnya keperdulian aparat pemerintah mulai dari tingkat kelurahan hingga Provinsi menjadikan pelabuhan ini swadaya masyarakat. Hasil obrolan saya dengan beberapa orang yang tinggal dan mencari penghasilan disana, Industri yang ada disekitarnya belum memperlihatkan kepedulian terhadap keberadaan pelabuhan rakyat disana. Kondisi ini juga diperparah dengan perluasan industri yang ada disebelahnya yang melakukan reklamasi pantai untuk docking kapal besar sehingga pelabuhan Cikubang makin terasa sempit. Aparat pemerintah lebih mementingkan perkembangan Industri dengan mengesampingkan potensi wisata yang tersembunyi seperti Cikubang.
Pukul 07.00 kami berusaha mulai melaut.. dengan sedikit susah payah dibantu galah bambu, perahu yang memiliki nama seperti nama public figure yang terkenal sexy itu berhasil lepas dari kandas dan mulai melaju ke spot pertama untuk rawe ikan selar. Kapten mulai tengok kanan kiri untuk melihat keadaan, ketika mulai mendekati spot, dengan GPS yang terintegrasi di handphone, sang kapten mulai mengarahkan perahunya mendekati koordinat GPS yang sudah disimpan di GPS Handphonenya.
Tanpa perlu koordinasi, Adi sang ABK bersiap menurunkan jangkar ketika perahu dirasa sudah pada tempatnya. Kapten dan ABK mempersilahkan kami mulai mancing dasaran dengan target ikan Jenaha, Tompel, Kakap Merah, tambak dan sejenisnya di bagian belakang perahu. Urusan rawe selar dihandle Herman dan Adi di bagian depan kapal. Beberapa menit berlalu, satu per satu ikan selar masuk ke dalam tempat yang telah disediakan kapten. Chummning yang dilakukan kapten berguna juga untu menarik ikan-ikan target mancing dasaran kami.
Pak Cia mengawali tangkapan dengan menaikkan Jenaha berukuran 0,5 kilo. Dilanjut eko dan Pak asnawi dan saya dengan ikan tompel dan tambak. Di buritan perahu kami mancing dasaran dengan umpan udang hidup yang kami bawa. Sesekali umpan udang kupas juga kami pakai untuk menarik ikan-ikan seukuran kurang lebih 0,3-1 kilogram. Kami mancing dasaran di spot ini kurang lebih selama 1 jam. Ikan selar dan tembang yang sudah masuk tempat umpan sekitar 50 ekor yang kami kira sudah cukup untuk bekal kami menarik Talang-talang.
Spot utama kami adalah kapal karam. Jarak dari spot pertama kami kesana cukup memakan waktu 10 menit. Setelah melakukan beberapa persiapan, kami mulai menurunkan kail dengan umpan ikan selar. Karena memancing di hari kerja, kapal karam yang biasanya ramai oleh pemancing kali ini hanya diisi oleh kami dan satu buah perahu lagi. Mungkin ini salah satu kelebihan mancing kali ini, sedikit sekali saingan.
Tak beberapa lama, herman sang kapten yang turut memancing memulai strike pertama, cukup payah sepertinya ketika Herman mencoba untuk mengguling ril yang sesekali menderit. Herman yang menggunakan kenur PE 7, leader 40Lbs dan beberapa Centimeter nikelin diujungnya dengan cepat menaikkan tangkapan Talang-talang pertama. Nikelin memang dibutuhkan untuk memancing talang-talang karena giginya cukup tajam. Beberapa waktu sebelum datangnya bulan Ramadhan kami juga mencoba memancing talang-talang dan seringkali senar leader putus ketika strike.
Mejelang siang hari arus cukup baik, kami menggunakan timah 4J untuk membawa umpan ke dasar laut. Menurut keterangan Adi Kapal karam ada di sebelah kanan kami. Entah kapal apakah yang karam dan sejak kapan ada disana, namun disekitar kapal itulah ikan banyak berada. Kedalaman laut di spot yang kami datangi kurang lebih 30 meter. Kami mendapatkan keterangan kedalaman laut dari Fish Finder yang pernah kami coba pasang disana.
Kira-kira 10 menit berselang Adi sang ABK strike, adi yang menggunakan teknik handline cukup dibuat menunggu dan menahan senar yang dipegangnya sebelum bisa digulung. Beberapa saat setelah ikan sedikit demi sedikit mulai menyerah, senar handline 40lbs yang digunakan Adi mulai bisa menarik talang-talang ke atas perahu. Setelah perjuangan 10 menit berlalu Ikan Talang-talang ukuran 4 Kilogram bisa diangkat ke atas perahu. Strike Talang-talang memang cukup membuat kita ketagihan. Mungkin memang tidak se-asyik ketika strike ikan Giant Trevally besar yang sering kita lihat di televisi namun untuk ikan talang-talang berukuran 2,5 - 5 Kilogram yang kami dapatkan pada trip kali ini, bagi kami ini cukup membuat ketagihan.
Waktu zuhur telah tiba arus mulai kencang, seringkali umpan kami disenggol ikan, namun karena kail tidak menancap sempurna ikan belum bisa kami angkat keatas perahu. Seringkali umpan yang kami turunkan hanya bersisa sebagian karena sudah tergigit oleh ikan di dasar laut. Makin kuatnya arus membuat kami mengganti pemberat ke 6J. Perubahan arus yang kian besar ini ternyata malah membawa keberuntungan bagi kami, berturut turut Herman, Saya, Eko, Adi, Pak Cia dan pak Asnawi juga mengangkat Talang-talang ke atas perahu. Wow, perolehan talang-talang kami hari ini cukup memuaskan. 11 ekor Talang-talang naik ke atas perahu dengan berat 2,5 Kilogram hingga 5 Kilogram.
Kira-kira jam menunjukkan pukul 14:00, arus semakin kencang, timah pemberat kami ganti menjadi 8J karena timah 6J sudah mulai bisa bergerak terbawa arus. Pak Asnawi strike, perolehan Pak Asnawi ini menggenapkan Talang-Talang besar kami menjadi 12 ekor. Perolehan Talang-talang ke-12 ini adalah perolehan terakhir kami di spot Kapal Karam karena umpan selar kami sudah habis. Hanya tersisa ikan-ikan umpan yang mati karena digigit ikan target yang mocel didasar laut.
Habisnya ikan umpan membuat kami pindah ke spot lain yang bisa menggunakan umpan udang. Pilihan kapten adalah karang saepudin, dinamakan seperti ini karena yang pertama menemukan spot ini adalah pak saepudin. Kami sampai di spot ini sekitar jam 3 sore, mencoba peruntungan disini, pak Asnawi mengawali strike dengan ikan tompel. Menyusul naik juga ikan talang-talang kecil, setelah kami timbang beratnya 4 Ons. Eko juga menambah perolehan dengan ikan tambak berukuran kira-kira 4 jari.
Di spot ini pak Cia absen mancing, saya juga hanya menikmati mie instan yang baru saja dimasak Kapten di perahunya. Kami memang selalu membawa bekal mie instan, kopi dan makan siang untuk disantap diatas perahu disela-sela memancing. Perahu yang dilengkapi dengan kompor memungkinkan kapten dan ABK memasak air untuk membuat kopi, mie instan bahkan mengolah secara sederhana hasil tangkapan untuk makan siang.
Kira-kira satu jam kami di spot ini, kami bersiap untuk menepi ke pelabuhan Cikubang. Trip mancing kali ini memang cukup memuaskan kami. Menyalurkan hobby memancing sambil bercanda akrab dengan sesama pehobby mancing menyegarkan pikiran kita sebelum memasuki jadwal padat rutinitas sehari-hari. Trip di daerah bojonegara yang murah meriah ini patut dicoba untuk teman-teman yang belum pernah mencoba kesini. Salam Strike. (dwitantra)
62806281628262836284628562866287

SNL
8th October 2011, 22:52
mantap n seru ceritanya pak ari n team..strike talang2 gede tidak kalah ama riri tarikannya.
thanks untuk reportnya pak...

pelangi
8th October 2011, 23:18
Sukses untuk talang2nya ya bro dwi.......ceritanya seru banget.........kapan nih kita diajakin nyobain mcg disana ?

angler_aceh
8th October 2011, 23:23
Trip yang hebat dgn hasil yang hebat om..talang2 nya montok,di jadikan ikan asin kayaknya enak banget om.
Salam kenal om ya

wi2ar
8th October 2011, 23:42
6288talang-talang tarikannya memang moyyyy.....

C4del
9th October 2011, 00:12
Aksi ikan talang2 emang maknyuss.....sukses trpnya ya....

Yanto Su
9th October 2011, 00:34
Terimakasih untuk Pak Ari atas reportnya.

Selamat atas hasil talang-talangnya. :-bd dan semoga banyak mocel membuat Pak Ari bisa penasaran dan ingin mancing lagi. hihihihiihi J/K ya Pak.

Btw kapal Aura Kasih nya kelihatannya nyaman sekali Pak.
Apakah kapal Aura Kasih di sewakan? Kalau boleh minta tolong no hp kapten atau pengurus kapalnya sebagai tambahan informasi buat rekan rekan yang baca.

Thanks,
Salam.

wisnu
9th October 2011, 01:18
selamat buat tripnya om...ajib talang2nya.. :)

dwitantra
9th October 2011, 08:34
mantap n seru ceritanya pak ari n team..strike talang2 gede tidak kalah ama riri tarikannya.
thanks untuk reportnya pak...

Thanks Om.. iya, lumayan tarikannya :-bd


Sukses untuk talang2nya ya bro dwi.......ceritanya seru banget.........kapan nih kita diajakin nyobain mcg disana ?

Thanks :-bd Iya nih, pengennya bikin event kami-fc disini..smoga bisa terlaksana kapan-kapan.


Trip yang hebat dgn hasil yang hebat om..talang2 nya montok,di jadikan ikan asin kayaknya enak banget om.
Salam kenal om ya

Alhamdulillah Om.. karena cukup banyak, akhirnya diolah jadi nugget n siomay biar bisa tahan lama.


6288talang-talang tarikannya memang moyyyy.....

bener om.. asik tarikannya..


Aksi ikan talang2 emang maknyuss.....sukses trpnya ya....

:-bd makasih om


Terimakasih untuk Pak Ari atas reportnya.

Selamat atas hasil talang-talangnya. :-bd dan semoga banyak mocel membuat Pak Ari bisa penasaran dan ingin mancing lagi. hihihihiihi J/K ya Pak.

Btw kapal Aura Kasih nya kelihatannya nyaman sekali Pak.
Apakah kapal Aura Kasih di sewakan? Kalau boleh minta tolong no hp kapten atau pengurus kapalnya sebagai tambahan informasi buat rekan rekan yang baca.

Thanks,
Salam.

Amiin..kalau mancing kayanya terus selagi masih ada kesempatan n dana :D.
Aura kasih lumayan bagus disini, nama captny herman, contactnya: 081380180741


selamat buat tripnya om...ajib talang2nya.. :)

:-bd makasih..

deddy rifqi
9th October 2011, 23:21
manteff om,cuma bs ngiler doang:-bd

bluearrow
10th October 2011, 10:07
Mantap om, talang2x nya gede semua.... pasti mantap tarikannya....

Yanto WS
10th October 2011, 10:13
6316 Terima kasih Mas Ari & rekan2 lainnnya untuk report mancingnya ...............pasti seru tuh mancing talang2 pakai light tackle

Vick
10th October 2011, 10:26
mantap pak..talang-talangnya yahut...hihihihi...
congratz buat pak Ari dkk..

Salam,

acep_13
10th October 2011, 11:02
Enak baca ceritanya pak ari, apalagi narik talang-talangnya yach makin mantap..:)

angler_aceh
10th October 2011, 13:24
Alhamdulillah Om.. karena cukup banyak, akhirnya diolah jadi nugget n siomay biar bisa tahan lama.

kalo lebih sudi kiranya di kirim ke aceh.alamat di pm aja

ozyguy
10th October 2011, 14:57
Mantebz panen talang" yah om. Reportnya jg asik dibacanya. Congratz ya om :-bd

Yanto WS
10th October 2011, 17:38
emang muantap kalo pak dosen uda kasih kuliah hahahaha report mancing nya maksudnya ......................talang2 bangettttt deh !

rondo
10th October 2011, 18:44
mantappp.....congrats ya......

Kheeboth
10th October 2011, 22:46
Mesti dicoba nih.......mantap om talang-talangnya

dwitantra
11th October 2011, 17:36
manteff om,cuma bs ngiler doang:-bd

daripada ngiler, mending mancing aja om :))


Mantap om, talang2x nya gede semua.... pasti mantap tarikannya....

Alhamdulillah pake light tacle cukup bikin naik adrenalin.


6316 Terima kasih Mas Ari & rekan2 lainnnya untuk report mancingnya ...............pasti seru tuh mancing talang2 pakai light tackle

sama-sama om yanto.. Alhamdulillah ya, sesuatu banget :))


mantap pak..talang-talangnya yahut...hihihihi...
congratz buat pak Ari dkk..

Salam,

makasih Om..


Enak baca ceritanya pak ari, apalagi narik talang-talangnya yach makin mantap..:)

makasih om..


kalo lebih sudi kiranya di kirim ke aceh.alamat di pm aja

waduh.. bagaimana kalau saya PM resepnya aja :))


Mantebz panen talang" yah om. Reportnya jg asik dibacanya. Congratz ya om :-bd

Thanks Om..


emang muantap kalo pak dosen uda kasih kuliah hahahaha report mancing nya maksudnya ......................talang2 bangettttt deh !

Hehe...Bisa aja Om Yanto.. om, minta ijin meneliti Forum ini, boleh ga?


mantappp.....congrats ya......

Alhamdulillah.. Makasih Om


Mesti dicoba nih.......mantap om talang-talangnya

Ayo Om, ditunggu di Cikubang.. Murmer lho.. :D