PDA

View Full Version : (Info) Beberapa Teknik Untuk Mancing Gabus



Uyong
8th September 2012, 15:53
1. Teknik DUDUL

Memancing ikan Gabus dengan Teknik Dudul / Nge-Dudul ini sebenarnya telah banyak dilakukan oleh orang tua kita jaman dahulu...
dan saya pun pernah belajar mancing ikan Gabus dengan teknik ini belajar dari orang-orang tua waktu saya masih kecil

Mancing dengan teknik ini menggunakan Piranti Joran Tegek atau jaman dulu orangtua kita membuatnya dari sebatang Bambu yg di raut, lalu
di ikatkan dengan seutas senar mono dan menggunakan umpan Kodok hidup ataupun mati.

Spot yg ideal untuk mancing dengan teknik seperti ini adalah daerah persawahan ataupun daerah rawa2 yg banyak di tumbuhi tanaman air seperti :
Eceng gondok, teratai, matalele, kapu-kapu, dll.

Cara mancing dengan teknik ini yaitu dengan cara mendudul atau menyelupkan umpan kita ke air lalu diangkat-angkat lalu dicelupkan lagi...terus-menerus
dilakukan dengan cara seperti ini (celup-angkat-celup- angkat) seolah-olah seperti kodok yg sedang ketakutan atau kodok yg sedang lompat-lompat.


2. Teknik PELAMPUNGAN
Memancing ikan Gabus dengan Teknik Pelampung ini mirip sekali dengan cara mancing ikan lainnya...
Yaitu dengan Umpan Kodok hidup atau dengan umpan daging keong atau kerang kerang yg dikaitkan ke mata kail lalu lempar ke spot yg di inginkan,
dan diberi Pelampung (biasanya pelampung ukuran besar) sebagai tanda ikan telah memakan umpan kita..

3. Teknik TEGER / NEGER

Memancing ikan Gabus dengan Teknik TEGER / NEGER ini biasanya dilakukan oleh pencari ikan yg bertujuan untuk dijual...
Teknik ini menggunakan joran terbuat dari bambu dengan panjang biasanya 100cm / 1 meter....
biasanya di ikatkan dengan seutas senar Nylon yg cukup tebal dengan umpan kodok hidup....

Dan biasanya pemancing teger ini melepas pancingannya dengan jumlah banyak bisa mencapai 200 - 300 pancing teger,
dengan cara di tancapkan di sekeliling empang / rawa dan biasanya dilakukan sore hari dan akan di angkat besok paginya...
Ikan yg terkena pancing teger ini biasanya sudah keburu mati waktu kita mengangkat tegeran kita itu.

4. Teknik CASTING

Teknik Casting ini sebenarnya sudah di bahas dalam Thread Casting dan Popping namun saya hanya mengulas ulang saja

Casting adalah teknik mancing menggunakan umpan palsu dengan cara melempar umpan ke daerah target yang kita inginkan,
kemudian retrieve perlahan-lahan sehingga umpan yang dirancang sedemikian rupa bergerak menyerupai ikan atau umpan hidup sungguhan sehingga
menarik ikan-ikan predator.

Karena sifat ikan gabus yang agresif dalam memburu mangsanya,
maka untuk memancing ikan gabus dengan cara memberi umpan yang bergerak.

Biasanya yang digunakan untuk umpan Gabus dengan teknik Casting
adalah : Soft Frogie, Hard Frogie, Minnow, Spoon, Mini Popper, Pencilbait, Stickbait, Spinnerbait, Buzzbait, Dll.

Teknik ini cukup melelahkan karena harus melempar dan retrieve berkali-kali ,
bahkan bisa dibilang menjemukan, sehingga dibutuhkan kesabaran dan fisik yang prima,
apalagi sengatan matahari membuat badan cepat lelah, Tapi setelah mendapat sambaran yg membuat jantung berdebar kencang dan dengkul gemetar hehehehehe...(saya sering ngalamin ini)
hilanglah semua rasa lelah berganti dengan rasa puas dan gembira.....


PERALATAN CASTING

1. Reel

Bisa menggunakan Spinning Reel ataupun Baitcasting Reel,

Spinning Reel umumnya menggunakan ukuran 2000 4000.
Biasanya memiliki spool yang tidak dalam (cetek) dan juga bentuk spoolnya panjang dan lebar.

2. Joran

Joran yg digunakan umumnya mempunyai panjang : 180cm 210cm

3. Umpan

Ada dua tipe dari umpan ini yaitu ada yang diperuntukan di permukaan air dan ada juga yang memang khusus untuk kedalaman.
Jenis umpan bermacam-macam seperti, Soft Frogie / Hard Frogie, Minnow, Spoon, Mini Popper,Pencilbait, Stickbait, Spinnerbait, Buzzbait, Dll.
Ukuran yang digunakan biasanya sekitar 3cm 10cm.
Pada umumnya warna umpan juga menjadi pertimbangan tertarik atau tidaknya ikan target.

4. Senar

Jenis senar yang biasa digunakan adalah senar Mono maupun dari jenis braided (PE), mulai dari PE 1 PE 3

5. Leader Line

Gunakan Fluorocarbon dengan ukuran 20lbs - 40lbs, panjangnya kira-kira 2 meter.

CASTING ACTION

Setelah semua peralatan selesai disiapkan, barulah kita mencari spot yang menurut kita memiliki potensi yang bagus untuk mancing.
Lempar kan umpan ke arah target yang diinginkan kemudian retrieve secara perlahan-lahan hingga membuat ikan target tergoda.
Selain jenis, warna dan ukuran lure yang mempengaruhi tergoda atau tidaknya ikan target juga tergantung dari kemahiran kita dalam memainkan umpan tersebut.
Jika pada lemparan pertama belum mendapatkan strike, ulangi terus sampai anda mendapatkan strike ikan yang anda inginkan.

Demikian sekiranya apa yg dapat saya sampaikan....semoga berkenan...dan apabila teman-teman ada yg ingin menambahkan saya persilahkan dengan senang hati...
Jika ada kesalahan dalam penulisan ini saya meminta maaf sebelumnya dan saya bersedia di koreksi....

Selamat Mencoba dengan Teknik yg anda sukai....

Tips Casting Gabus jika menggunakan Umpan Soft frogie :

Saat umpan disambar joran jangan langsung disentak, dibiarkan beberapa detik (3-5 detik) untuk memberi kesempatan ikan menelan umpannya.
Saat joran disentak Gabus melompat atau memendamkan dirinya ke lumpur dan melakukan perlawanan.
Disinilah sensasi strike ikan gabus liar yang cukup bertenaga dan gigi-gigi yang tajam menggesek-gesek tali senar yang yg biasanya mengakibatkan putus.

Salam Strike Selalu..........
Uyonk
(021-5144-6688)

Berikut ini saya lampirkan Umpan-umpan untuk Teknik Casting ikan Gabus:

12656126571265812659126601266112662126631266412665 1266612667

C4del
8th September 2012, 17:28
Wah mantapp neh dpt pencerahan lagi.:-bd

Om Uyong minta tlg Pic umpannya dijelasin satu2 namanya serta cara penggunaannya.

Thx

Uyong
8th September 2012, 19:43
Wah mantapp neh dpt pencerahan lagi.:-bd

Om Uyong minta tlg Pic umpannya dijelasin satu2 namanya serta cara penggunaannya.

Thx

Oh iya Om aku lupa hehehehehee.....ngeditnye gimane ya?

Ntar picturenye aku kasih nama-nama dan penjelasannya dah heheheheee....

Maaf yah Om Awi....

Uncle Syam
8th September 2012, 19:50
cuma mau bilang kalau pake teknik no 4.ohh my god deh....mantab
mantabs om uyong...

Uyong
8th September 2012, 20:01
cuma mau bilang kalau pake teknik no 4.ohh my god deh....mantab
mantabs om uyong...

Hahahahaaaa.....
Iyee betul-betul Uncle Syam saya sangat suka sekali....

Bikin jantung dag-dig-dug dooorrr.....

Wakakakaaa........

C4del
8th September 2012, 20:09
Oh iya Om aku lupa hehehehehee.....ngeditnye gimane ya?

Ntar picturenye aku kasih nama-nama dan penjelasannya dah heheheheee....

Maaf yah Om Awi....
Tinggal edite Advance aja.
Kasih tulisan deh di bwh atau samping picnya.

Dejavu
8th September 2012, 20:47
nais inpoh om, ane mah nomer 3 aje dah hehehe...

Uncle Syam
8th September 2012, 20:53
nais inpoh om, ane mah nomer 3 aje dah hehehe...

neger ye om...
bisa di tinggal seharian, dan kalo mau sabar nunggu bisa sambil ngudut ditemeni kupi item..heheh

Gratia
8th September 2012, 23:29
wuih lengkap abis.... mantap om....

IWAN76
9th September 2012, 09:38
ane dah coba semuanye, cma yg no 4 aja yg lom berhasil naikkin gaby....hiks

kotrek
9th September 2012, 18:14
Tehnik nyetrum kok ga ada om,itu apaan sih....
Kaaaaabbburrrrrrrrrrrrrrrr (just kidding)

Uncle Syam
9th September 2012, 19:03
ane dah coba semuanye, cma yg no 4 aja yg lom berhasil naikkin gaby....hiks lhah spot nye sarang hampala ame ikah semah semua...

IWAN76
9th September 2012, 19:35
lhah spot nye sarang hampala ame ikah semah semua...
Spot tomy ame gaby sebenarnye jga banyak, cma selama ini kok semah ame hampala lom banyak yg garap:D
entar deh ane cba yg snakehead...dlu ane pernah dapetin seekor ikan Runtuk/Kihung by casting (kerabat tomy sesama ikan snakehead)

bumbdumb
9th September 2012, 21:10
wah ilmu ane nambah lagi, nais inpo masbro.

ane baru tau..klo abis di makan ga bole langsung gentak :P

lutfly
10th September 2012, 08:56
Ane baru bisa pake minnow doang...

ozyguy
10th September 2012, 10:44
Mantebz, trim's utk sharing nya :-bd
Tinggal tunggu prakteknya niy, kapan diajak nge gabus :D

Uyong
10th September 2012, 16:20
Tehnik nyetrum kok ga ada om,itu apaan sih....
Kaaaaabbburrrrrrrrrrrrrrrr (just kidding)

Wakakakak............
Nyetrum kerjaan ente jaman dulu yah??
sekarang uda insyaf kan...hihihihi
kaaaaabuuurrrrr............


lhah spot nye sarang hampala ame ikah semah semua...

lebih Manteb hampala dan semah yah Uncle....


Spot tomy ame gaby sebenarnye jga banyak, cma selama ini kok semah ame hampala lom banyak yg garap:D
entar deh ane cba yg snakehead...dlu ane pernah dapetin seekor ikan Runtuk/Kihung by casting (kerabat tomy sesama ikan snakehead)

Lanjutkan Om Iwan..................
malahan ane seumur-umur belom pernah narik ikan Hampala ataupun Semah..........
www.pengen.com


wah ilmu ane nambah lagi, nais inpo masbro.


ane baru tau..klo abis di makan ga bole langsung gentak :P

Sama-sama Masbro..............


Ane baru bisa pake minnow doang...

pake minnow juga mantabs Om Luthfy.........


Mantebz, trim's utk sharing nya :-bd
Tinggal tunggu prakteknya niy, kapan diajak nge gabus :D

Let's Go Om Jay...............heheheheheee........

gedolita
20th September 2012, 00:29
dah ada yang pernah nyoba pake casting ngga??? reviewnya dong,sapa tau ada trik tambahan ;))

acep_13
20th September 2012, 09:54
Detail sekali ulasannya, tp kayanya yg paling cepet harus praktek langsung nih :D

Uyong
20th September 2012, 14:17
dah ada yang pernah nyoba pake casting ngga??? reviewnya dong,sapa tau ada trik tambahan ;))

Uda ada tuh OmEdy di laporan mancing Freshwater...heheheheheee...
silahkan di sedoott....

Uyong
20th September 2012, 14:18
Detail sekali ulasannya, tp kayanya yg paling cepet harus praktek langsung nih :D

Yuuuuu Om....kapan??ane siap menemani...heheheheheheheheh

Junior
9th November 2012, 14:32
mantab.. thx infonya om uyong..

guslianov
24th January 2013, 22:03
Perkenalkan KK, saya member baru.. Mohon bantuan dan pencerahannya..:)
Hari pertama member saya mau curhat dulu KK...:)


Saya sedang belajar casting gabus.
Peralatan yang gunakan adalah bukan peralatan untuk casting..hehe, sebab saya masih mencoba belajar casting gabus dengan peralatan yang saya punya, kalo sekiranya hasil casting saya Ok rencananya baru mau di anggarkan buat beli Joran dan Reel casting.

Oh..ya perkenalkan saya tinggal di depok-beji..kebetulan di dekat lokasi rumah saya ada penampungan air/rawa, dan banyak Gabus, Patin, Mas, DLL.
Kalo ada yg mau casting bareng di lokasi saya bisa kontak saya.. :)


saya menggunakan :
Reel Ryobi Aplause 6000
Joran Abu Garcia (buat laut)
Line Rapala Ukuran 50Lbs
Minow Frogy Soft Lure ukuran 5cm

dengan peralatan di atas hanya kondisi prima dan kesabaranlah yg bisa membuat saya bertahan casting dengan menahan beban berat peralatan yg saya punya. (biasanya pulang langsung minta di pijit)..hehehe

Catatan lokasi
Rawa air dalam kisaran 2 s/d 3 meter

1. Hari pertama
Casting Kondisi Panas tanpa hujan dengan beberapa ratus kali lemparan, hasil nihil, malah Minow nyangkut 2 buah.

2. Hari Kedua
Casting Kondisi Air banjir/habis hujan
Ratusan x lempar dengan bobot peralatan yg berat. ada hasilnya.. umpan di sergap tetapi lepas kembali karena Kail frogynya masih belum tersangkut di Gabus.
3. Hari Ketiga
Kondisi Hujan/Banjir.. Ratusan x lempar lagi.. ada hasilnya lagi.. umpan juga di sergap tetapi Gabus lepas lagi blm terangkat...

4. Hari keempat
Kondisi banjir.. ratusan x lempar, dan umpan di sergap tetapi lepas kembali dan ada yg menarik ikannya lompat pada saat saya menggentak lihat kepalanya saya sampe mau copot jantung, ikan perkiraan 4 kiloan ke atas. (gagal maning)

untuk hari kelimanya saya masih menunggu hujan biar banjir, sebab bila banjir saya perhatikan banyak gabus yg di permukaan, kebetulan minow saya Floating.

sampai tulisan ini saya buat saya masih berusaha belajar casting walau belum ada Gabus yg terangkat.

Sekian Dulu KK curhat dari nubitol..


mancingitumenjadikankitabanyakteman,danmenjadikank itadimarahibini..:)

kelik aja
28th January 2013, 15:34
salam kenal juga KK
Depoknya mana ?
Belajar bareng aja yuk...ngebet mo casting gayus nih...

guslianov
28th January 2013, 19:27
salam kenal juga KK
Depoknya mana ?
Belajar bareng aja yuk...ngebet mo casting gayus nih...

Boleh Om.. kalo mau casting bareng..hehe.. depoknya di beji Om..

guslianov
30th March 2013, 22:57
Akhirnya berhasil juga KK, terima kasih atas wejangan-2annya..:).. Om Kelik, kapan main ke Depok nih.. Mak Gayus masih banyak..:)
1504415045



salam kenal juga KK
Depoknya mana ?
Belajar bareng aja yuk...ngebet mo casting gayus nih...

KENKEN
9th April 2013, 08:39
wuih .......banyak tekniknya juga ya om uyong ? minta di ajari dong om cara2 mancing gabus dan toman :-w;)

dihae15
12th April 2013, 17:07
owwww sekarang saya paham :)
hehe ikutan baca gan. makasih ah bagus :D

Gejala Kanker (gejalakanker.org) | Cara Membuat Kue (http://caramembuatkue.co.id/) | Cerita Anak (http://cerita-anak.net/)

Winnie bunny
12th April 2013, 18:27
Om... wuaaahh.. asik nih dpt info utk tambahan bahan liputan... cheers om Uyoonkk...

Ke pernah coba teknik no.1 di daerah rawa pening seruuu... but so far mancing gabus n toman pake no.4.. sadaaaappp!!!

kalo yg neger, apa bisa ada kemungkinan ikan nya tetep idup? maxudnya ga terlalu lama di tingal gituh..

Uncle Syam
12th April 2013, 21:06
kalo yg neger, apa bisa ada kemungkinan ikan nya tetep idup? maxudnya ga terlalu lama di tingal gituh..

tetep sehat walafiat, meskipun seharian terkena tegeran
biasanya teger di pasang pada sore hari, baru besok pagi di cek

Uyong
14th April 2013, 10:16
mantab.. thx infonya om uyong..

Mantaaaaabs Jun......banyak strike nih Mas jun.....ajb


Akhirnya berhasil juga KK, terima kasih atas wejangan-2annya..:).. Om Kelik, kapan main ke Depok nih.. Mak Gayus masih banyak..:)
1504415045

Akhirnya perjuangan yang membuahkan hasill.......mantaaaaab Om..lanjutkan


wuih .......banyak tekniknya juga ya om uyong ? minta di ajari dong om cara2 mancing gabus dan
toman :-w;)

Aaaaaaaahh koko KenKen bisa aje.seharusnya ane yang minta ajarin sa,a suhu KenKen nih master casting


owwww sekarang saya paham :)
hehe ikutan baca gan. makasih ah bagus :D

Gejala Kanker (gejalakanker.org) | Cara Membuat Kue (http://caramembuatkue.co.id/) | Cerita Anak (http://cerita-anak.net/)

Mantaaaabb Om........sedooooott


Om... wuaaahh.. asik nih dpt info utk tambahan bahan liputan... cheers om Uyoonkk...

Ke pernah coba teknik no.1 di daerah rawa pening seruuu... but so far mancing gabus n toman pake no.4.. sadaaaappp!!!

kalo yg neger, apa bisa ada kemungkinan ikan nya tetep idup? maxudnya ga terlalu lama di tingal gituh..

Sadaaaaaaappp sis Winnie.......no.4 TOPBGT


tetep sehat walafiat, meskipun seharian terkena tegeran
biasanya teger di pasang pada sore hari, baru besok pagi di cek

Thxx ude Uncle penjelasannya buat sis Winnie

dedy212
12th December 2013, 12:08
salam kenal smuanyaaaaaa . . . saya mau belajar mancing gabus ada sekolahnya ngga yah ? ini om uyonk master casting yang pernah masuk tipi yah ? yang pernah mancing di papua bukan ? wew mantap om uyonk ? mohon petunjuk gubes uyonk !!!

pakyo
13th December 2013, 21:26
Salam kenal juga om Dedy
salam gentak