PDA

View Full Version : Merubah Joran Spining menjadi Joran Overhead



danys
20th May 2010, 11:37
Stlh pakai pakai overhead beberapa kali akhirnya merasa nyaman dgn penggunaan reel dan joran overhead, saya ingin merubah joran spining yg ada ke overhead daripada mesti beli lagi nich.
Joran jigwrex Pe 4 mau sy rubah nich, kira kira mahal nggk ya biayanya ?

my_bluesea
20th May 2010, 11:58
om danys, IMHO mestinya gak mahal2 amat ya... yang ada dala pikiran saya:
- beberapa ring guide yang dekat hand grip sebaiknya di ganti dengan versi OH (cincin kecil).
- Pistol grip... banyak saya temui rod OH gak harus pake pistol grip, so tidak perlu ada extra cost, kecuali anda mau ganti...
- Acid wrap, penempatan ring guides pada rod OH tidak harus di atas (sejajar dgn reel OH). kalo om danys memilh acid wrap, rod jigwrex (spinning) hanya perlu modifikasi ~3 guide ring dekat grip - lebih hemat biaya & tanpa perlu ganti top ring.
http://www.acidrod.com/acidrods.html
http://www.acidrod.com/files/degreewheel_wInstructions.pdf
Just share dari nuebie ya om.... CMIIW

danys
20th May 2010, 12:24
Thanks bangeet nich Oom infonya, daripada saya mesti beli joran overhead lagi, dimana nantinya setelah dirubah mau dipadukan dengan Shimano Trinidad TN16 nich.
Utk ujung Joran sich rencana mau dipotong 1 ruas utk menambah kekakuannya .

ozyguy
20th May 2010, 15:35
Wuidih mantebz ni si om, bukan mobil nya ajah yg di modif, tp perlengkapan mancingnya jg. Nanti kalo udah kelar, ane boleh minjem ya om.
Maklum, ane modal kecil tp hasrat gede. Wakakakakak ...

danys
20th May 2010, 15:44
Wakakak drpd beli lagi tuh, mending rubah aja haa haha haa.

Kurniadi
20th May 2010, 19:25
waaah mantaaf nih OmD, dah mau pindah 'agama' yaah....;p
Kapan nih mau ke-toko pancingnya? ai mikuud dunks...:D

@Om my_bluesea: kalo gak diganti ring guidenya (cincin kecil) apa pengaruhnya yah? soalnya sayang juga sih kalo diganti, kata orang 'backbone'nya joran spinning n OH beda yah?....apa ada pengaruhnya kalau hanya mengganti ring guidenya aja?....Trims :)

g4n3fo
20th May 2010, 19:45
bahasan menarik, ikut mantau.....

my_bluesea
20th May 2010, 22:04
@Om my_bluesea: kalo gak diganti ring guidenya (cincin kecil) apa pengaruhnya yah? soalnya sayang juga sih kalo diganti, kata orang 'backbone'nya joran spinning n OH beda yah?....apa ada pengaruhnya kalau hanya mengganti ring guidenya aja?....Trims :)

sebatas yang saya ketahui blank joran jigging spinning/conventional sama saja, kebetulan saya lagi pesan blank & rod dengan action full parabolic. rating tiap blank yang beda2, ada yang 100gr, 150gr, 250gr, 350gr, & 450gr dari sisi max jig weight - dan tiap blank punya kemampuan dead lifting force berbeda2, panjang pendek blank lebih ke pengaruh actionnya (kekakuan). dari versi dapur pembuat blank, komposisi material jadi acuan hasil akhir performa joran/blank, misalnya kandungan carbon, nano-carbon, graphite, etc.

Ring guide spinning umumnya lebih tinggi jaraknya dari blank (vs OH rod), dan biasanya diameter ring-nya lebih besar - ada aksi berputar dari benang/kenur saat reel spinning menggulung - ini yang berbeda vs overhead reel. selain itu penempatan ring guides juga penting, di harapkan saat fight dan joran melengkung, beban terbagi dengan baik/merata pada joran, selain itu benang/kenur tidak bergesekan dengan blank/batang joran.

moga2 menjawab pertanyaan anda & mohon koreksi ya kalo saya salah...

304

C4del
21st May 2010, 00:11
Ikut nimbrung ah......

Beberapa pabrik blank ada yg membuat blank dgn spec khusus utk spinning atau conventional saja, ada juga yg membuat bisa utk kedu2nya (blank yg Ibnu pesen tuh di foto Mantaff....). Yg paling penting adalah penentuan Backbone dari blank tsb. Utk rod tipe spinning ring guide dipasang dibawah backbone, sedangkan utk conventional ring guide dipasang diatas backbone. Jadi kalo rod anda jenis spinning bila ingin dirubah jadi rod OH, utk menghemat biaya ikuti saran Ibnu dgn merubah ring guide jadi tipe Acid Wrap, tapi tetap harus mengganti ring guide 1 & 2 yg lbh kecil & posisi ring guide 1 posisinya dirubah berlawanan (diatas backbone) dgn ring guide lainnya & posisi reel seatnya pun dibalik sejajar dgn ring guide 1.

Semoga infonya dpt membantu........

Salam

Gratia
21st May 2010, 02:30
walaupun lum ngerti coba ikutin ah....

Yanto WS
21st May 2010, 10:06
walaupun lum ngerti coba ikutin ah....

Guys.......... klo mau lihat hasil karya temen2 kamikaze ada di Bursa Pancing beberapa Joran Jigging Kamikaze yg spinning di rubah jadi OH

Kurniadi
21st May 2010, 11:14
Ikut nimbrung ah......
Beberapa pabrik blank ada yg membuat blank dgn spec khusus utk spinning atau conventional saja, ada juga yg membuat bisa utk kedua2nya
Bagaimana caranya untuk mengetahui rod yang bisa keduanya? apakah dengan mencoba membengkokkannya? bila terasa 'sedikit' lebih lembut...disitulah backbonenya begitu juga sebaliknya? juga bila dirasakan 'sama' berarti bisa diganti hanya ring-guidenya? Terima Kasih

my_bluesea
21st May 2010, 13:08
Guys.......... klo mau lihat hasil karya temen2 kamikaze ada di Bursa Pancing beberapa Joran Jigging Kamikaze yg spinning di rubah jadi OH

yang saya dengar om Joe lagi tune in sama proyek ini, penasaran pengen tau hasilnya.... plus pinjem waktu wancing bareng hehhehe

Note: saya lagi coba ngumpulin artikel soal backbone biar lebih lengkap TS ini

C4del
21st May 2010, 15:04
Bagaimana caranya untuk mengetahui rod yang bisa keduanya? apakah dengan mencoba membengkokkannya? bila terasa 'sedikit' lebih lembut...disitulah backbonenya begitu juga sebaliknya? juga bila dirasakan 'sama' berarti bisa diganti hanya ring-guidenya? Terima Kasih

Backbone pada blank bisa lebih dari satu, ini karena pembuatan blank terdiri dari beberapa lapis graphite yg bisa menyebabkan ada beberapa permukaan blank yg tdk rata (tebal tipisnya). Dalam menentukan backbone ambil yg paling dalam / paling bebas dari tahanan (saat menekan bagian tengah blank), gampang2 susah memang, saya juga beberapa kali belajar dari rod builder rod custom saya. Bila sudah yakin sekali backbone-nya, tinggal menentukan ring guide-nya mau dibuat tipe spinning / conventional.

Nah...Ibnu lg ngumpulin artikelnya tuh, bisa dpt lebih banyak belajar kita nanti.

Keliatannya team Kamikaze lg gencar2nya buat rod OH utk persiapan Turnament Bali, sukses pak Yanto...

danys
21st May 2010, 15:20
Mantap dan terima kasih banyak pada teman teman udh sharing ilmunya.

Kurniadi
21st May 2010, 15:32
Note: saya lagi coba ngumpulin artikel soal backbone biar lebih lengkap TS ini
Siiip Om Ibnu, ditunggu artikelnya yah...:)

Backbone pada blank bisa lebih dari satu, ini karena pembuatan blank terdiri dari beberapa lapis grafhite yg bisa menyebabkan ada beberapa permukaan blank yg tdk rata (tebal tipisnya). Dalam menentukan backbone ambil yg paling dalam / paling bebas dari tahanan (saat menekan bagian tengah blank), gampang2 susah memang, saya juga beberapa kali belajar dari rod builder rod custom saya. Bila sudah yakin sekali backbone-nya, tinggal menentukan ring guide-nya mau dibuat tipe spinning / conventional.
Trims yah Om Awi sharingnya....:)

Mantap dan terima kasih banyak pada teman teman udh sharing ilmunya.
Trims Om Danys, ai dah ikutan tanya di TSnya.......:D

danys
21st May 2010, 17:12
Sama sama nich Oom, berguna buat teman teman yang lain juga.

my_bluesea
21st May 2010, 17:24
Backbone = tulang belakang (punggung). Seperti halnya gerakan tulang punggung, kita lebih mampu pembungkuk daripada gerakan sebaliknya, ini disebabkan konstruksi tulang punggung kita.
Dalam hal joran pancing, produsen pembuat blank (bahan tulang joran) memproduksi beragam/variasi: panjang/pendek, ketebalan dinding dalam blank, jenis bahan baku yang di pakai, komposisi campuran bahan baku, jumlah lapisan dinding balank, dsb - semuanya di pengaruhi per-untukan blank tersebut; popping, casting, jigging, trolling, dsb... dan tentu saja faktor ekonomis.

Dari proses pembuatan blank, salah "satu" sisi atau "lebih" akan lebih "lentur" dari sisi lainnya ... ini yang di sebut backbone, tulang punggung dari blank. bila ada blank tersebut memiliki backbone lebih dari satu.... sebaiknya di cari sisi backbone yang ter"lentur".

Saat kita memancing dengan joran spinning - posisi guide ring (cincin joran) menghadap ke bawah = backbone "diatas" ring.
Sedangkan saat kita memancing dengan joran baitcasting/convensional/overhead - posisi guide ring (cincin joran) menghadap ke atas = backbone "dibawah" ring.
Penentuan secara tepat sisi backbone suatu blank akan memaksimalkan kemampuan joran sesuai design, bila kurang tepat pada beban kritis (sesuai design) joran akan berputar (melintir), dimana sisi ini lah backbone yang sebenarnya. Penempatan guide rings sangat penting dalam membagi beban yang di tanggung joran secara merata.
Pada joran spinning resiko joran "melintir" sangat minim terjadi dikarenakan beban ada di bawah - begitu pula posisi ring. Sangat berbeda dengan joran BC/OH/convensional dengan posisi ring menghadap ke atas, singkatnya rod/joran OH harus tepat penentuan sisi backbone-nya atau resiko joran terpuntir.

326
sumber http://www.ankatackle.com

silahkan ditambahin biar rame diskusinya

vinneth
23rd May 2010, 20:41
jadi nambah ilmu nih.............asykkkkkkkkkkkk
thanks suhu suhu

salam
Cay

farly
24th May 2010, 07:18
para suhu berbicara

fachriardian
22nd June 2010, 22:27
wah, berat euy obrolannya..

Mr Joe
23rd June 2010, 00:15
wah, berat euy obrolannya..

Kan gak lg ngobrolin timah om xixixixixi..

devisal
23rd June 2010, 00:41
sedang di pelajari neh.. top info nya

ayiet
23rd June 2010, 15:42
klo joran spining di modif ke Acid Wrap apa ada resiko joran mlintir...??
setau saya joran spining sama OH peletakan ring guide berbeda perbandingan, itu bisa di lihat dari jumlah ring guide pada joran OH sama spining (lebih banyak ring guide pada OH) CMIIW.
joran OH harus bener2 pas backbone-nya. pernah rebuilding dari joran spining (shino amberjack) di jadiin OH mengikuti backbone pabrikan meski udah di tambah jumlah ring guide ternyata backbone-nya kurang pas. jadi terpaksa bongkar lagi cari backbone yg bener2 pas.

sekalian mau tanya pada para sesepuh, klo blank rod punya lebih dari 3 backbone bisa di atasi dengan spiral wrap. gmn tuh klo blank backbone-nya lebih dari 3...?? tehnik wraping apa yg bisa di pake untuk mengatasi terjadinya melintir...??

thanks

C4del
23rd June 2010, 19:20
klo joran spining di modif ke Acid Wrap apa ada resiko joran mlintir...??
setau saya joran spining sama OH peletakan ring guide berbeda perbandingan, itu bisa di lihat dari jumlah ring guide pada joran OH sama spining (lebih banyak ring guide pada OH) CMIIW.
joran OH harus bener2 pas backbone-nya. pernah rebuilding dari joran spining (shino amberjack) di jadiin OH mengikuti backbone pabrikan meski udah di tambah jumlah ring guide ternyata backbone-nya kurang pas. jadi terpaksa bongkar lagi cari backbone yg bener2 pas.

sekalian mau tanya pada para sesepuh, klo blank rod punya lebih dari 3 backbone bisa di atasi dengan spiral wrap. gmn tuh klo blank backbone-nya lebih dari 3...?? tehnik wraping apa yg bisa di pake untuk mengatasi terjadinya melintir...??

thanks
Bukan suhu, tapi coba sharing.....
Basicnya rod dgn Acid wrap / Spiral wrapping adalah rod Conventional, jadi memang seharusnya jumlah ring guide-nya lebih banyak dari pada tipe spinning. Diharapkan rod dgn tipe acid wrap dgn posisi ujung ring guide-nya dibawah sehingga tdk terjadi torque/melintir, jadi posisi backbone-nya tetap stabil.
Bila rod memiliki lebih dari satu backbone, tetap dipilih yg paling bebas tahanannya sebagai backbone-nya.

Salam

ayiet
23rd June 2010, 20:23
Bila rod memiliki lebih dari satu backbone, tetap dipilih yg paling bebas tahanannya sebagai backbone-nya.

Salam

yg paling bebas tahanannya ini yg perlu di tunjukin langsung he3...

thanks om atas sharingnya...
salam knal dari newbie...

C4del
23rd June 2010, 21:28
yg paling bebas tahanannya ini yg perlu di tunjukin langsung he3...

thanks om atas sharingnya...
salam knal dari newbie...

Memang gampang2 susah pak ya, hehe........

Salam kenal juga, sama2 lg belajar juga.

ayiet
23rd June 2010, 22:17
yg pantes di panggil pak itu kayak bos WS, bos kur, om mushar dll...
klo ai mah dipanggil nak aja deh... he3...

wi2ar
23rd June 2010, 23:12
waduh makin lama di bahas makin dalem neh bahasanya...lanjut....gan....

KENKEN
18th July 2010, 22:37
ikutan nyimak aja dah....!

arhee
16th August 2013, 14:39
Ini hasil dari pemula ngecoustume Spinning to Over Head 171081710917110 17111